Ini Dia Manfaat Rutin Donor Darah Bagi Tubuh

Posted by Majalah Informasi Kesehatan on Monday 17 September 2018

manfaat donor darah dari segi kesehatan

Apakah kita serig bertanya-tanya apa manfaat rutin donor darah bagi tubuh kita? Tahukah Anda bahwa tiap  8 detik, ada satu orang yang memerlukan transfusi darah di Indonesia dan tiap menitnya, ada 10 orang kini menanti sumbangan donor darah? Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015, Negara Indonesia kekurangan jumlah pasokan darah secara nasional, yakni sekitar 500 ribu kantong setiap tahunnya. Hal ini mungkin dikarenakan kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor sukarela masih rendah. Sedangkan, ternyata banyak sekali manfaat dari rutin donor darah bagi kesehatan para pendonornya.

Mental Health Foundation menyebut, donor darah bisa mengurangi stres, meningkatkan persepsi situasi emosi  yang mencakup kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), bagus untuk kesehatan tubuh, menolong menyingkirkan perasaan negatif, menghasilkan rasa saling mempunyai dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Lebih lagi, penelitian bahkan menambahkan ragam manfaat donor darah kepada kesehatan, apalagi bila dilaksanakan secara rutin (dengan jarak minimal 3 bulan).

1.    Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat donor darah bagi jantung

Berdasarkan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, kandungan pada darah terdapat zat besi. “Zat ini dapat memengaruhi kekentalan darah. Sedangkan kadar zat besi yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan kekentalan darah dan mempercepat progres oksidasi dari kolesterol,” jelasnya.
Lebih lanjut lagi, progres oksidasi hal yang demikian akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar resiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Ketika  Anda rutin donor darah, memungkinkan jumlah zat besi dalam darah dapat lebih stabil, yang artinya bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2.    Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

manfaat donor darah dan efek sampingnya

Saat ditanya apakah mau mendonasikan darah, tidak sedikit orang yang takut bahwa sel darah merahnya akan berkurang. Tidak perlu panik, “Sesudah melaksanakan donor darah, tubuh (melalui  sumsum tulang belakang) akan melakukan proses untuk mengganti kehilangan darah yang telah terjadi. Donor darah akan merangsang  produksi sel darah merah yang baru, sehingga menolong menjaga kesehatan pada tubuh Anda,” ungkap dr. Nitish.

3.    Ingin  Turunkan Berat Badan? Cobalah Donorkan Darah!

manfaat donor darah untuk diet

Mendonorkan darah dapat jadi salah satu pendukung  diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Dengan mendonorkan sekitar 450 ml darah, setara dengan jumlah kalori yang terbakar yaitu sekitar 650 kCal, cukup banyak untuk menolong memperbaiki berat badan.

Sedangkan, dr. Nitish mengingatkan untuk tak menjadikan donor darah sebagai metode utama membakar kalori.  Anda cuma dapat mendonorkan darah minimal tiap 3 bulan, tentu saja bertumpu dari keadaan  kesehatan dan kadar hemoglobin yang Anda miliki.

4.    Mencegah Hipertensi

fungsi dan manfaat donor darah

Ketika Anda donor darah, sejumlah ferritin dari dalam tubuh akan keluar bersama dengan darah Anda yang didonorkan, sehingga kadar ferritin didalam tubuh pendonor berkurang. Kata dr. Sepriani Timurtini Limbong, kadar dari ferritin yang sedikit ini dapat mengurangi stres oksidatif, sehingga mengurangi bermacam  gejala sindrom metabolik.

5.    Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

manfaat donor darah secara rutin

Hal ini  terkait dengan kesanggupan donor darah dalam menjaga kadar zat besi supaya konsisten berada pada batas normal dalam darah. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of the National Cancer Institute Volume 100”, orang yang rutin donor darah mengalami penurunan risiko sebagian macam kanker seperti kanker hati, paru, esofagus, usus besar, dan perut.

6.    Deteksi Penyakit Serius

manfaat donor darah menurunkan kolesterol

Tiap Anda berkeinginan donor darah, prosedur standarnya ialah pemeriksaan darah dari bermacam jenis  penyakit seperti HIV, sifilis, hepatitis C, dan malaria. Bagi penerima donor darah, ini adalah kabar penting sebagai antisipasi penularan penyakit melewati transfusi darah. Sedang bagi pendonor, ini adalah “sebuah peringatan” supaya Anda lebih peduli kepada kesehatan Anda.

7.    Hidup Lebih Lama

manfaat donor darah bagi tubuh

Menolong sesama (yang salah satunya ialah dengan donor darah sukarela) merupakan salah satu metode untuk dapat hidup lebih lama. Berdasarkan sebuah penelitian di jurnal “Health Psychology”, orang yang mengajukan diri secara sukarela dengan alasan altruistik (membantu tanpa mengharap imbalan atau tak melihat kepentingan diri sendiri), ditemukan secara signifikan menurunkan risiko kematian selama 4 tahun ke depan dibanding mereka yang mengajukan diri demi kepentingan mereka sendiri.

Tag: 
manfaat donor darah bagi tubuh,
manfaat donor darah bagi wanita,
manfaat donor darah menurut islam,
manfaat donor darah bagi orang gemuk,
manfaat donor darah secara rutin,
manfaat donor darah dalam islam,
manfaat donor darah dan efek sampingnya,
manfaat donor darah dalam agama islam,
manfaat donor darah diet,
manfaat donor darah dari segi kesehatan,
fungsi dan manfaat donor darah,
manfaat donor darah menurunkan kolesterol,
manfaat donor darah pada wanita,
apa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh,
apa manfaat donor darah rutin,
manfaat donor darah untuk penderita diabetes

Blog, Updated at: September 17, 2018

0 comments:

Post a Comment